PRODI PIAUD UIN SUMATERA UTARA MEDAN dan PRODI PIAUD UIN SUNAN AMPEL SURABAYA LAKSANAKAN GUEST LECTURE

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Desember 2021 pukul           08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Tema yang dipilih adalah  Guest Lecture Mata Kuliah Kurikulum RA.    

Melalui zoom meeting  kegiatan ini berjalan sukses. Sebagai Peserta Mahasiswa Prodi PIAUD UIN Sunan Ampel dan Mahasiswa Prodi PIAUD UIN Sumatera Utara Medan.

Kegiatan ini dipandu moderator Khofifatul Marufa (Mahasiswi PIAUD UINSA) dan MC Nurul Izzah ( Mahasiswi PIAUD UINSA)

Turut memberikan kata sambutan Dr. Saiful Jazil   (Wakil Dekan Bidang Mahasiswa dan Kerjasama FITK UIN Sunan Ampel) dan Dr. Muhammad Basri, MA (Ka Prodi PIAUD UIN Sumatera Utara Medan).

Dalam sambutannya Saiful Jazil mengatakan  saya berharap melalui kegitan Guest Lecture ini dapat menambah pengetahuan mahasiswa di PIAUD UIN Sunan Ampel dan UIN Sumatera Utara serta dapat menjalain kerja sama yang lebih baik lagi antar kedua belak pihak.

Lebih lanjut Muhammad Basri menyampikan dengan mengikuti kegiatan Guest Lecture ini akan menambah pemahaman mahasiwa dalam Mengembangkan kurikulum  di Raudahtul Athfal. Dimana banyak permasalahan yang terjadi dalam masyarakat kita seperti masih banyak yang membuang sampah sembarang, tidak tertib dalam berlalu lintas hal ini mungkin diakibatkan oleh kurangnya pemahaman akan pembelajaran sejak dini seharusnya sejak dini anak harus memahami pembelajaran secara langsung sehingga dapat mengembangkan kecakapan hidupnya kelak di masyarakat. Saya juga berharap kelak kegiatan ini dapat ditindak lanjuti menjadi sebuah prosseding yang dapat ditulis oleh beberapa Dosen dari UIN Sumatera dan UIN Sunan Ampel.

Nara Sumber dan Ringkasa Materi

ada dua narasumber dalam acara ini, yakni

  1. Nama : Raisah Armayanti Nasution, M.Pd  (Dosen Prodi PIAUD UIN Sumatera Utara Medan)

Materi : Kurikulum Raudhatul Athfal Berbasis Pembelajaran Tematik

Salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam Kurikulum 2013 adalah pendekatan tematik terpadu. Dalam model pembelajaran tematik terpadu, kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk satu tema atau sub tema dirancang untuk mencapai secara bersama-sama kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa muatan pembelajaran dalam mencapai kompetensi dasar (KD) dan tingkat perkembangan yang diharapkan. Adapun prinsip pembelaajran tematik adalah prinsip penggalian tema, prinsip pengelolaan pembelajaran, prinsip evaluasi, dan prinsip reaksi.

  • Hernik Farisia, M.Pd.I sebagai (Dosen Prodi PIAUD UIN Sunan Ampel Surabaya)

Materi : Kurikulum Raudhatul Athfal dalam Pendekatan Saintifik

Didalam Kurikulum 2013 PAUD terdiri dari beberapa pendekatan yang bisa digunakan didalam pembelajaran PAUD, yaitu (1) Tematik integrative, (2) Saintifik. Pendekaan saintifik (scientific approach) adalah model pembelajaran yang menggunakan kaidah-kaidah keilmuan yang memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi, menanya, eksperimen, mengolah informasi atau data kemudian mengkomunikasikan.

Langkah-langkah pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran meliputi mengamati (observing), menanya (questioning), mencoba (experimenting), mengolah data atau informasi dilanjutkan dengan menganalisis, menalar (associating) dan menyimpulkan, menyajikan data atau informasi (mengkomunikasikan), (rs dan mb)